-->

Asas Keadilan

Asas Keadilan

Pengertian ide dan ide agung.

Menurut plato pengertian ide adalah isi dari pikiran manusia yang bisa diperbincangkan dan dialihkan diantara orang yang satu dengan orang yang lain.  Suatu ide bercorak agung jika ide tersebut bersifat pokok dan sangat perlu bagi pemahaman terhadap manusia itu sendiri, masyarakatnya, dan dunianya. Suatu ide agung menjadi dasar bagi penelitian, pengetahuan sampai pemahaman dari segenap hati yang berkisar pada diri manusia. Keadilan merupakan salah satu dari ide agung.


Kaitan ide agung dengan etika administrasi pemerintahan

Etika administrasi pemerintahan dapat melahirkan asas, standar, pedoman, dan kebajikan moral yang luhur karena etika itu menyangkut kehidupan masyarakat, kesejahteraan rakyat, dan kemajuan bangsa yang demikian penting harus berlandaskan suatu ide agung yang luhur sifatnya. Ide agung yang paling tepat untuk menjadi landasan ideal bagi etika administrasi pemerintahan ialah keadilan.

Keadilan sebagai kebaijakan moral

Asas keadilan sebagai sebuah kebijakan moral dan suatu hal yang baik merupakan sebuah unsur pokok dalam etika. Dari asas keadilan itu dapat diperkembangkan berbagai asas dan ajaran tentang kelakuan yang baik bagi para administrator pemerintahan yang fungsinya mengabdi kepada rakyat. Dengan demikian, keadilan tepat sekali dijadikan suatu landasan dari etika administrasi pemerintahan.

Keanekaragaman makna keadilan

Macam – macam makna yang melekat pada keadilan dapat dilihat dari asal – usul perkataan Inggris Justice. Dengan demikian salah satu makna yang sangat tua dari perkataan justice ialah hukum (law). Justice kemudian dianggap menjdi tujuan dari semua hukum dalam kehidupan masyarakat. Keadilan sebagai tujuan hukum akan tercapai jika ada persamaan dalam perlakuan terhadap semua pihak oleh sesuatu badan peradilan atau sorang hakim. Ide keadilan secara umum juga mempunyai makna sebagai persamaan (equality) seperti pelayanan jasa, pemberian izin, dan penyediaan fasilitas. Sebuah makna lain yang diletakkan pada ide keadilan ialah kelayakan (fairness). Kelayakan berarti ciri atau sifat yang sepantasnya pada suatu hal pada umumnya.

Definisi Keadilan

Beberapa definisi keadilan menurut :

  • Zaman Romawi. Keadilan adalah kemajuan yang tetap dan kekal untuk memberikan kepada setiap orang apa yang semestinya.
  • Nels Anderson. Keadilan sebagai cita dalam hukum yang dengan itu hakim – hakim diharapkan akan dibimbing.
  • Rudolph Heimanson. Keadilan adalah konsep untuk mencapai suatu hasil yang sah atau memutuskan untuk suatu tuntutan yang tepat, memperbaiki suatu kesalahan, menemukan suatu keseimbangan diantara kepentingan – kepentingan yang sah, tetapi saling bertentangan.
  • Glenn Negley. Keadilan adalah penilaian yang logis, bahkan hampir mekanis, terhadap suatu tindakan atau tindakan – tindakan sesuai dengan ukuran-ukuran dari sebuah struktur nilai yang diterima dan bersifat wajib sebagaimana diwakili oleh hukum.

Menurut Mortimer Adler  konsep “pemberian kepada setiap orang apa yang semestinya” mengandung 2 segi penting yang berbeda. Apa yang merupakan “apa yang semestinya” bagi setiap orang ditentukan dengan :

  1. Ukuran hak dari sesorang, baik hak alamiah, maupun hak yang bersumber dari hukum yang berlaku
  2. Perbandingan kemampuan dari orang yang satu dengan yang lainnya.

Konsepsi keadilan

Pengertian “apa yang semestinya” bagi setiap orang mempunyai 2 bentuk sebagai berikut :

  1. Jaminan hak – hak agar bebas dari pelanggaran.
  2. Perlakuan yang layak.

Dalam membahas keadilan perlu dibedakan antara konsepsi keadilan, makna keadilan dan definisi keadilan.

  1. Konsepsi keadilan merujuk pada sesuatu kategori pengertian tertentu dalam pemikiran manusia dan kedudukan entitas keadilan dalam kehidupan masyarakat.
  2. Makna keadilan berhubungan dengan arti atau maksud yang melekat pada istilah keadilan
  3. Definisi keadilan merupakan sebuah perumusan yang cukup terinci untuk menerangkan sehingga orang dapat mengetahui apa yang disebut keadilan.

Daftar putaka :

  • Adler, M. J. (1981). Six Great Ideas. New York: Macmillan.
  • Angeles, P. A. (1981). The Great Ideas: A Syntonicon of Great Books of Western World. 2 Volumes. Chicago: Encyclopedia Britannica, 23rd printing.
  • Justice. (1973). Dalam The Encyclopedia Americana. Volume 16. New York: Americana Corporation, International Edition.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel