-->

Asas Keutuhan Watak dan Asas Kesusilaan

Asas Keutuhan Watak dan Asas Kesusilaan

Asas adalah sebuah ide umum dalam bentuk dalil yang berguna dalam memberi petunjuk bagi seseorang untuk melakukan perbuatan – perbuatan.


Asas Keutuhan Watak

Keutuhan watak pada dasarnya adalah ciri kualitas dari watak seseorang yang bersifat utuh, lengkap atau sempurna. Menurut The Liang Gie (2003), keutuhan watak adalah kesempurnaan akhlak pribadi dari seseorang dalam menjalani hidupnya dan melaksanakan pekerjaannya. Keutuhan watak mencakup 3 kebaikan utama dalam kehidupan manusia, yaitu :

  1. Kejujuran. Kejujuran berarti hasrat untuk bertindak lurus tanpa menyimpang dari norma kebenaran.
  2. Kesetiaan .Kesetiaan adalah kesadaran untuk setulusnya patuh pada tujuan bangsa, konstitusi negara, peraturan perundangan, badan instansi, tugas jabatan, dan pihak atasan demi tercapainya cita-cita bersama.
  3. Pengabdian. Pengabdian adalah hasrat untuk menjalankan tugas dengan sepenuh tenaga, semangat, dan perhatian tanpa pamrih pribadi. Wujudnya adlah bekerja keras, menjalankan tugas dengan sepenuh tenaga, dan tanpa pamrih.

10 ciri perilaku kerja yang mencerminkan keutuhan watak da pengabdian :

  • Kerajinan (diligence).
  • Pengabdian (dedication)
  • Keutuhan watak (integrity).
  • Rasa tanggung jawab (responsibility).
  • Kehati – hatian (carefullness)
  • Keserbabisaan (versatility).
  • Daya pembaruan (innovativeness).
  • Semangat kerja sama (cooperativeness).
  • Kemahiran (skillfullness).
  • Hasrat besar untuk belajar (eagerness to learn).

Stanley Benn menghubungkan keutuhan watak dengan sifat adil pada seseorang yang adil. Seorang yang adil adalah seseorang yang mempunyai keutuhan watak dan asas-asas hidup konsisten yang itdak dikuasai oleh pertimbangan keuntungan, hasrat pribadi, dan perasaan hati.

Asas Kesusilaan

Istilah kesusilaan merupakan terjemahan dalam bahasa Inggris dari kata morality. Kesusilaan adalah kebajikan pribadi dalam diri seseorang yang senantiasa berusaha mempunyai akhlak yang baik dan menunjukkan kelakuan yang benar. Setiap anggota masyarakat harus sungguh – sungguh berusaha mempunyai kesusilaan dalam dirinya dan melaksanakannya dalam hidupnya. Denagn demikian, masyarakat itu menjadi ajang hidup yang aman, damai, dan tenteram. Asas keutuhan watak, asas keadilan, dan asas kesusilaan dianggap merupakan sebuah Teori 3 Asas Luhur dalam Kehidupan Manusia.

Setiap masyarakat wajib menganut 3 asa luhur itu dalam dirinya. Teori ini lebih penting lagi bagi seorang administrator pemerintahan. Setiap administrator pemerintahan dalam melaksanakan fungsinya dan menjalankan tugasnya sehari – hari jika ia menganut dan melaksanakan ketiga asas luhur itu maka ia tentu memiliki kejujuran, kesetiaan, tidak melanggarhak orang lain, memberikan perlakuan yang sama terhadap setiap orang sesuai dengan kemampuannya, dan selalu menampilkan akhlak yang baik. Sebuah administrasi pemerintahan yang dijalankan oleh petugas dengan ciri kebaikan demikian tentulah akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh rakyat.

Daftar Pustaka :

  • Ginnsberg, M. (1965). On Justice in Society.
  • Chopra, C. S (tt). How to Achieve Total Success in Life. New Delhi: New Light.
  • Hoult, T. F. (1974). Dictionary of Modern Sociology. Totowa: Littlefield, Adams, reprinted.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel