-->

Prinsip Organisasi Menurut Para Ahli

Berikut akan kami bahas mengenai beberapa Prinsip Organisasi Menurut Para Ahli. Ada 2 ahli yang memberikan penjelasan menurut pemahaman para ahli itu sendiri.


Prinsip Organisasi Menurut P. Siagin dalam bukunya "Filsafat Administrasi"
(Sondang P. Siagin, 1980:119) organisasi yang baik adalah suatu organisasi yang memiliki prinsip atau ciri pokok sebagai berikut :
  1. Terdapat tujuan yang jelas karena tanpa tujuan yang jelas organisasi dapat diumpamakan dengan sebuah kapal yang tidak mempunyai pelabuhan tujuan yang akan dicapai sehingga terombang-ambing ditengah lautan.
  2. Tujuan organisasi harus dipahami oleh setiap anggota organisasi tersebut dan diterima dengan baik sehingga manusia yang harus menggerakkan organisasi tersebut benar-benar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan dengan semangat kerja yang tinggi.
  3. Adanya kesatuan perintah dan kesatuan arah, sehingga dapat mencapai tujuannya secara terpimpin dan sukses dalam arti efektif dan efesien.
  4. Adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab, prinsip ini penting karena apabila wewenang lebih besar dari tanggung jawab akan mudah menimbukan penyalahgunaan wewenang seperti korupsi, main perintah, menindas bawahan dan sebagainya. Sebaliknnya apabila tanggung jawab lebih besar dari wewenang akan menyebabkan petugas menjadi ragu-ragu atau tidak aman dalam menjalankan suatu tindakan tertentu.
  5. Adanya pembagian tugas pekerjaan yang merata dan sesuai dalam arti sesuai dengan bakat dan kemampuan orang-orang yang diserahi untuk melakukan tugas, serta sesuai dengan hasil yang ingin dicapai, yang dipengaruhi oleh perkembangan kebutuhan masyarakat serta  perkembangan teknologi yang makin maju.
  6. Susunan atau struktur organisasi harus dibuat sesederhana mungkin yaitu sesuai dengan kebutuhan dan hasil yang ingin dicapai.
  7. Pola dasar organisasi harus relatif permanen/tetap, meskipun struktur organisasi dapat diubah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi tetapi perubahan tersebut harus diusahakan secara luwes atau fleksibel sehingga tidak perlu mengubah pola dasar organisasi.
  8. Adanya jaminan stabilitas jabatan atau pekerjaan. Karena organisasi terdiri dari manusia, maka harus ada jaminan terhadap manusia sebagai anggota organisasi agar merasa aman tanpa khawatir untuk dipecat secara semena-mena.
  9. Pemberian balas jasa atau imbalan kepada anggota organisasi yang setimpal dengan jasa atau prestasi yang diberikan. Hal ini perlu dilaksanakan sesuai dengan moto equal pay for equal work.
Sedangkan menurut Prof. Dr. Prayudi Atmosudirdjo, S.H. prinsip-prinsip organisasi meliputi :
  • Prinsip tujuan, mengandung konsekuensi adanya kesatuan pimpinan (unity of command) dan keesatuan arah gerak (unity of direction).
  • Prinsip pembagian tugas dan penugasan kerja yang homogen yaitu adanya pengelompokkan kerja, misalnya menurut wilayah produksi, proses atau fungsi, bahan baku dan jumlah orang.
  • Prinsip hierarki atau jenjang jabatan yang harus memperhatikan subprinsip :
  • Span Of Control
  • Delegasi yang berimbang 
  • Komunikasi
  • Kontinuitas
  • koordinasi
  • Pengaturan yang jelas (rules of the game)
Itulah beberapa prinsip organisasi menurut para ahli yaitu oleh Sondang P. Siagin, dan menurut Prof. Dr. Prayudi Atmosudirdjo, S.H.

Daftar Pustaka :
  • Atmosudirdjo, P. (1972). Dasar-dasar Office Management. jakarta: Ghalia Indonesia
  • Siagin, S.P. (1980). Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel