-->

Faktor-Faktor Yang Perlu Diperhatikan Untuk Menentukan Lokasi Gedung Kantor

Ada beberapa faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menentukan lokasi gedung kantor antara lain adalah :

1. Faktor Lingkungan Sekitarnya

Hal ini sangat diperlukan karena setiap organisasi harus bekerja sama
dengan organisasi-organisasi lain yang sejenis atau yang ada sangkut pautnya dengan bidang kegiatannya.

2. Faktor Jarak Dengan Unit-Unit Organisasi Lain yang Merupakan Bagian dari Keseluruhan Organisasi

Tidaklah selalu memungkinkan organisasi yang besar untuk menempati suatu blok pergedungan yang dapat menampung seluruh unit-unit organisasi yang ada dalam lingkungan organisasinya. Namun harus dijaga agar jaraknya jangan terlalu jauh atau sulit dicapai dengan alat transportasi.

3. Faktor Harga Atau Sewa Bangunan

Antara keuntungan lokasi gedung kantor yang dapat diperoleh karena dalam satu kompleks dengan harga atau sewa gedung yang harus dibayar untuk memperolehnya harus dipertimbangkan secara teliti. Mungkin tempat yang secara teoritis kurang baik letaknya tetapi biaya lebih murah maka pada akhirnya akan lebih menguntungkan karena bagaimanapun biaya tetap dapat ditekan sehingga memberikan peluang yang besar dalam persaingan harga jualnya yang lebih menguntungkan.

4. Faktor Dekat Dengan Pasar Tenaga Kerja

Faktor ini adalah penting karena para pegawai yang bertempat tinggal dekat dengan tempat bekerja tidak terlalu menuntut penghasilan yang tinggi dibandingkan kalau tempat bekerja itu jauh dari daerah pemukiman. Jadi masalah transportasi bagi para pegawai perlu mendapat perhatian.

5. Faktor Jalan Keluar Masuk Pegawai

Apabila jalan keluar masuk pegawai suatu kantor dipergunakan pula oleh pegawai perusahaan/kantor lain, dapat menimbulkan masalah yang tidak diinginkan. Misalnya, saling membandingkan gaji dan fasilitas yang diperoleh, kemungkinan menimbulkan percekcokan dan lain sebagainya. Maka sebaiknya diusahakan adanya pintu keluar masuk sendiri yang khusus deperuntukkan bagi para pegawai dan para pengunjung yang memang mempunyai kepentingan dengan kantor tersebut.

6. Faktor Keamanan

Faktor keamanan adalah penting terutama untuk kantor yang banyak menggunakan mesin-mesin kantor yang mahal seperti komputer, fotokopi, alat-alat elektronik dan sebagainya yang biasanya menjadi incaran pencuri. Suatu kantor yang letaknya di daerah yang kurang aman dengan sendirinya harus mengeluarkan tambahan biaya untuk petugas keamanan dan alat-alat pengamanan yang diperlukan.

7. Pengorganisasian Ruang Kantor

Disamping itu setelah ruang kantor diperoleh, perlu dipikirkan bagaimana mengorganisasikan ruang tersebut. Mengorganisasikan ruang kantor melibatkan bentuk fisik dari suatu kantor khusunya mengenai desain dari kantor tersebut.

Itulah beberapa faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menentukan lokasi gedung kantor. Sehingga untuk menentukan lokasi gedung kantor tidak asal-asalan.

Daftar Pustaka :
The Liang Gie. (1978). Administrasi perkantoran modern. Yogyakarta: Nur Cahaya
Terry. G.R. (1962). Office Management and Control. Illinois: Richard D. Irwin
Denyer, J.C. Office Organization and Management. New Jersey: Prentice Hall.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel