-->

PENGERTIAN ARSIP INAKTIF DAN MANAJEMEN ARSIP INAKTIF

1. ARSIP INAKTIF

Arsip inaktif adalah arsip yang tidak dipergunakan untuk kepentingan penyelesaian pekerjaan
yang sedang berlangsung di unit kerja dan hanya digunakan untuk kepentingan referensi, pengambilan keputusan, bukti hukum dan alasan lainnya bagi pelaksanaan kegiatan instansi serta dirujuk maksimal 15 kali dalam satu tahun.

2. MANAJEMEN ARSIP INAKTIF

Manajemen arsip inaktif merupakan suatu aktivitas sekelompok orang yang dilandasi pengetahuan, keahlian dan tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan arsip inaktif dengan sumber daya yang dimiliki sehingga mencaoai tujuan yang telah ditentukan secara efektif dan efisien.
Tiga langkah penting dalam mengelola arsip inaktif organisasi secara tepat bagi kepentingan manajemen dan pengguna yaitu penentuan fasilitas penyimpanan arsip inaktif.

Ada 3 langkah penting dalam menjamin agar arsip inaktif suatu organisasi terkelola dengan cara yang tepat bagi kepentingan manajemen dan pengguna (Jay Kennedy 1998), yaitu :

  • Pengembangan Jadwal Retensi Arsip (JRA)

JRA dipergunakan untuk menjamin agar arsip tersimpan dalam jangka waktu tertentu dan dapat pula digunakan sebagai dasar untuk melakukan pemindahan arsip dari ruang kantor yang biayanya mahal ke lokasi yang lebih murah.

  • Menetukan Media Arsip

Perlu dibuat suatu keputusan apakah arsip akan disimpan didalam media kertas, film, microfilm, magnetic atau media optic. Meskipun ada keuntungan menyimpan arsip dalam microfilm dan tekhnologi komputer namun kebanyakan instansi masih suka menyimpan arsip dalam media kertas karena bentuk ini paling murah.

  • Menentukan Fasilitas Penyimpanan

Bagaimana memilih tipe fasilitas penyimpanan yang paling tepat bagi instansi, berapa biaya dan rencana fasilitas in house, metode apa yang aman digunakan untuk memusnahkan arsip, merupakan langkah yang harus diperhatikan dalam menetu
kan fasilitas penyimpanan arsip.

Daftar Pustaka :

  •  Arsip Nasional RI, Manajemen Arsip Dinamis, Edisi 2, Jakarta: ANRI, 2001
  • Johnson, Mina M., Records Management, 3d Edition, Ohio: 1882

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel