PRINSIP DAN FUNGSI ORGANISASI
Friday, February 24, 2017
1. Prinsip Organisasi
Prinsip Organisasi yang dijelaskan menurut Sondang P. Siagian dalam bukunya "Filsafat Administrasi" (Sondang P. Siagian, 1980:119) organisasi yang baik adalah suatu organisasi yang memiliki prinsip atau ciri pokok sebagai berikut.
- Terdapat tujuan yang jelas.
- Tujuan organisasi harus dipahami oleh setiap anggota organisasi tersebut dan diterima dengan baik.
- Adanya kesatuan perintah dan kesatuan arah.
- Adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab.
- Adanya pembagian tugas pekerjaan yang merata dan sesuai.
- Susunan atau struktur organisasi yang harus dibuat sederhana mungkin.
- Pola dasar organisasi harus relatif permanen/tetap.
- Adanya jaminan stabilitas jabatan atau pekerjaan.
- Pemberian balas jasa atau imbalan kepada anggota organisasi yang setimpal.
- Prinsip tujuan.
- Prinsip pembagian tugas dan penugasan kerja yang homogen.
- Prinsip hierarki atau jenjang jabatan yang harus memperhatikan subprinsip:
- Span of control
- Delegasi yang berimbang
- Komunikasi
- Kontinuitas
- Koordinasi
- Pengaturan yang jelas (rule of the game).
Selanjutnya dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim Penyusunan Buku "Manajemen dalam Pemerintahan" yang diterbitkan oleh Lembaga Administrasi Negara maka prinsip prinsip pokok organisasi sebagai berikut:
- Prinsip pembagian habis tugas.
- Prinsip perumusan tugas pokok dan fungsi yang jelas.
- Prinsip akordeon (penyesuaian dengan sifat pekerjaan).
- Prinsip fungsionalisasi
- Prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi.
- Prinsip kontinuitas.
- Prinsip jalur dan staf.
- Prinsip kesederhanaan.
- Prinsip fleksibilitas.
- Prinsip pendelegasian wewenang.
- Prinsip pengelompokan secara homogen.
- Prinsip tersedianya pegawai yang cakap dan sesuai.
- Prinsip rentang pengendalian.
2. Fungsi Organisasi
Organisasi berfungsi sebagai sarana atau cara agar pencapaian tujuan lebih mudah dilakukan daripada dilakukan sendiri tanpa membentuk organisasi. Organisasi mempunyai fungsi atau sifat tugas sebagai berikut :
- Sebagai alat atau sarana untuk mencapai tujuan dengan sistem kerja sama antara orang-orang dalam mencapai tujuan.
- Sebagai kelompok atau himpunan orang-orang dalam melaksanakan kerja sama tersebut.
- Sebagai proses pembagian tugas yang harus dilakukan dalam usaha pencapian tujuan.
Berdasarkan administrasi hakikatnya adalah menyelenggarakan kegiatan perkantoran. Kegiataan perkantoran untuk mendukung puncak pimpinan organisasi dalam mengambil sebuah keputusan tujuan organisasi. Maka administrasi berfungsi sebagai sarana untuk mencapai tujuan organisasi. Fungsi administrasi atau sifat tugas yang serupa dengan organisasi sebagai berikut.
- Sebagai kelompok orang yang melakukan kerja sama.
- Sebagai pelaksana yang melaksanakan tugas dengan menggunakan alat-alat, saran, materi dan perlengkapan.
- Sebagai pembantu pimpinan agar dapt bekerja secara efektif dan efisien dalam upaya mencapai tujuan sebuah organisasi.
Atmosudirdjo, P. (1972). Dasar-dasar Office Management. Jakarta: Ghalia Indinesia
(1970). Kesekretarisan dan Administrasi Perkantoran. Jakarta: Ghalia Indonesia
Siagian, S.P. (1980). Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.
Lembaga Administrasai Negara. (1978). Manajemen Dalam Pemerintahan. Jakarta: LAN